Merantau

Rabu, 07 Juli 2010

"Hmm .... Sekolah udah selesai. Sekarang mau cari kerja. Tapi kalau aku kerja di kotaku yang kecil ini kayaknya aku nggak bakal sukses deh. Terus aku harus gimana, yah??" Pasti pertanyaan ini adalah pertanyaan pertama yang keluar dari pikiran kita begitu kita baru saja mendapat ijazah SMA atau sarjana. Tak usah bingung, tak usah risau, pertanyaan itu ada jawabannya.
Dan jawabannya adalah .... MERANTAU ..... 
Merantau? Apa untungnya merantau?

  1. Menghilangkan kesedihan.
Dengan merantau, Insya Allah akan mendapatkan kegembiraan beraneka ragam. Contohnya aja kesulitan merantau yang dianggap sangat berat akan terasa ringan dan tak ada artinya waktu bertemu banyak orang yang jauh lebih sulit daripada yang kita alami, namun mereka lebih semangat. Dengan melihat kenyataan itu kita jadi merasa terobati.


  1. Mendapatkan penghidupan
Kalo kita merantau mister gengsi yang suka banget lengket di diri kita pasti akan hilang. Kok bisa ? Hehe .... Mudah saja. Jika kita merantau kita berani melakukan apa aja dan meninggalkan gengsi karena temen-temen kita dari kecil yang suka lomba gengsi-gengsian dengan kita tidak tahu apa yang kita lakukan di perantauan. Berarti beban-beban gengsi kita tertinggal di kampung halaman.

  1. Mendapatkan ilmu.
Ilmu yang berlimpah ruah bakal kita dapatkan karena selama di perantauan kita dapat banyak guru. Kita akan belajar pada hinaan, pujian, makian, orang pandai, orang bodoh, dan orang sok pandai.

  1. Mengagungkan jiwa.
Selama di perantauan sedikit sekali oranf yang bisa dimintai tolong. Kita harus bertumpu pada diri sendiri untuk maju. Nah dari situ kita akan bekerja keras dengan sunguh-sungguh. Dari itu derajat kita pasti akan naik. Dari orang malas jadi orang rajin. Dari orang bodoh jadi pandai. Dari miskin mungkin bisa jadi lebih miskin (Loh ?) atau mungkin bisa jadi sangat kaya.

  1. Bergaul dengan banyak orang
Di perantauan pasti kita ketemu banyak orang yang berbeda suku, bangsa, agama, dan ras. Tapi karena di perantauan kita sendiri, tentu kita butuh bantuan dari banyak orang. Nah dari situ kita bisa punya banyak teman. Dan dari situ juga mungkin kita bisa dapet jodoh. Hehehehe ....

0 komentar:

Posting Komentar