Tips Mengatasi Stress

Selasa, 10 Mei 2011



Stress. . .stress. . .stress. . .

Hufft... .Di mana-mana demam stress sedang melanda. Penyebab stress itu tidak lain dan tidak bukan adalah terlalu banyak pikiran akibat terlalu banyak masalah. Setiap hari selalu saja ada masalah di sekitar kita. Beban pelajaran, tugas rumah, cari duit, kerjaan di kantor nggak beres-beres, masalah sama ortu, anak, mertua,dan masih banyak lagi. Hidup ini memang nggak bisa jauh dari masalah. Pantaslah kalau rumah sakit jiwa sekarang udah hampir penuh.


Tapi . . . walaupun tiap hari itu hidup kita selalu dikerubungi masalah, kita tidak boleh stress.
Berikut ini akan diulas tentang beberapa tips cara mengatasi stress. . . 
1. Tidur yang cukup
Tidur itu adalah salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh dan otak. Dengan tidur paling tidak kita bisa melupakan sejenak beban pikiran. Saat bangun pun badan kita pasti akan terasa lebih segar dan fress.

2. Olahraga
Olahraga itu penting untuk segala hal. Selain tubuh kita jadi bugar dan pikiran jernih, energi yang dilepaskan pada saat kita berolahraga juga akan mestimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak endorphins. Endorphins adalah hormon yang bisa menimbulkan perasaan bahagia. Sehingga dengan berolahraga kita juga akan merasa bahagia.

 3.  Melakukan hobi
Biasanya, saat mengerjakan sesuatu yang kita sukai, kita bisa lupa dengan segalanya. Dan itu merupakan sesuatu yang bagus. Dengan melakukan hobi yang kita sukai kita akan merasa tidak selalu berada dibawah tekanan.

4. Minum air putih
Jika cairan yang berada dalam tubuh cukup, tubuh akan merasa lebih rileks. Dengan banyak minum air putih, selain untuk memenuhi kebutuhan delapan gelas per hari, air putih pun bisa membuat kita lebih tenang.

5. Makan
Saat kondisi perut kosong, rasa stress akan semakin parah. Oleh karena itu, makanlah makanan bergizi secara teratur. Sehingga dapat mengurangi rasa stress.

 6. Jalan-jalan
Jalan-jalan bersama teman-teman memang menyenangkan. Kita bisa bebas tertawa dan bercanda. Dengan bersama teman-teman kita bisa sejenak melupakan segala tekanan yang membuat kita stress.

7.Berdoa
Dengan selalu dekat kepadaNya, diri kita pasti akan merasa tenang sehingga terhindar dari rasa stress yang berkepanjangan. Serahkanlah semua urusan kita kepadaNya dan berdoa meminta kepada Sang Pencipta agar kita bisa menjalani semua ini.

0 komentar:

Posting Komentar